Indikator Kinerja atau Key performance
indicators (KPI) dapat diartikan sebagai sebuah ukuran atau parameter yang akan
memberikan data-data dan informasi sejauh mana seorang karyawan telah berhasil
mewujudkan sasaran strategis yang telah kita tetapkan.
Menurut Sutrisno (2009) ada enam
indikator dari kinerja yakni:
Hasil kerja
Hasil kerja meliputi tingkat kuantitas
maupun kualitas yang telah dihasilkan dan sejauh mana pengawasan dilakukan.
Pengetahuan pekerjaan
Tingkat pengetahuan yang terkait dengan
tugas pekerjaan yang akan berpengaruh langsung terhadap kuantitas dan kualitas
dari hasil kerja
Inisiatif
Tingkat inisiatif selama melaksanakan
tugas pekerjaan khususnya dalam hal penanganan masalah-masalah yang timbul
Kecekatan Mental
Tingkat kemampuan dan kecepatan dalam
menerima instruksi kerja dan menyesuaikan dengan cara kerja serta situasi kerja
yang ada
Sikap
Tingkat semangat kerja serta sikap
positif dalam melaksanakan tugas pekerjaan
Disiplin Waktu dan Absensi
Yang termasuk disiplin waktu dan
absensi adalah tingkat ketepatan waktu dan tingkat kehadiran.
Dari indikator kinerja diatas, dapat
dilihat bahwa terdapat beberapa segmen kepribadian manusia yang merupakan
penentu keberhasilan kerja. Indikator kinerja ini menggambarkan performa kerja
seorang karyawan terhadap pekerjaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar