Senin, 11 November 2013

SOFTSKILL (SIM pada ATM)




SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) PADA ATM

Fungsi sistem yang utama adalah menrima masukan, mengolah masukan dan menghasilkan keluaran. Agar dapat menjalankan fungsinya ini, sistem akan memiliki komponen infut, proses, keluaran, dan kontrol untuk menjamin bahwa semua fungsi dapat berjalan dengan baik.
Informasi adalah data yang sudah diolah sehingga berguna untuk pembuatan keputusan. Data adalah refresentasi sutau objek.
Manajemen adalah sekumpulan orang yang bertugas menjalankan perusahaan, organisasi atau instansi pemerintah. Manajemen bertugas menentukan tujuan perusahaan, merencanakan kegiatan untuk suatu periode mendatang, dan menjalankan rencana tersebut dengan melibatkan seluruh  pihak terkait didalam perusahaan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah sekumpulan komponen yang saling bekerjasama, yang digunakan untuk mencatat data, mengolah data, dan menyajikan informasi untuk para pembuat keputusan agar dapat membuat keputusan dengan baik.
Komponen sistem informasi sangat tergantung kepada proses yang terjadi di masing-masing perusahaan. Komponen yang paling utama adalah tekhnologi komunikasi, teknologi komputasi, dan teknologi informasi. Teknologi komunikasi digunakan untuk mengirim data dari satu tempat atau alat ketempat atau alat yang lain. Teknologi komputasi adalah berbagai perangkat yang digunakan untuk mengolah data. Teknologi informasi adalah berbagai metode untuk menyajikan berbagai bentuk informasi keberbagai fihak yang memerlukannya.

A.     Menciptakan keunggulan kompetitif
Agar dapat memenagkan persaingan dan merebut pasar,  perusahaan  harus memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage). Keunggulan kompetitif adalah keunggulan yang tidak dimiliki atau belum banyak  dimiliki oleh pesaing. Sebagai contoh, sebuah bank yang memiliki jaringan  ATM disebut memiliki memiliki keunggulan kompetitif , karena sangat membutuhkan layanan melalui jaringan ATM. Tetapi bila banyak bank sudah memiliki jaringan ATM, maka bank pertama memiliki ATM sudah tidak memiliki keunggulan lagi. Pada masa seperti ini, memiliki jaringan ATM bahkan sudah menjadi keharusan, agar tidak kalah dalam persaingsan.

B.     Manfaat sistem informasi
Sistem informasi mendatangkan manfaat bagi berbagai fihak yang terkait, diantaranya adalah perusahaan, perorangan, maupun bagi industri.
Pertama: Manfaat Sistem Informasi Bagi Perusahaan. Sistem informasi diperlukan oleh oleh perusahaan ntuk mengolah data menjadi informasi sehingga berbagai pihak yang membuat keputusan, dapat menggunakan informasi  tersebut untuk membuat keputusan yang baik. Inpormasi yang baik hanya dapat dihasilkan oleh sistem informasi yang baik. Sistem informasi yang baik adalah sistem informasi yang dengan sengaja dirancang oleh perusahaan untuk mengolah data menjadi informasi.
Kedua: manfaat sistem informasi bagi perorangan. Perorangan yang terlibat dengan sistem informasi perusahaan diantaranya adalah para manajer, para operator, dan para pelanggan. Para individu ini harus membuat keputusan yang sesuai dengan perannya. Masing-masing keputusan akan memerlukan informasi yang akurat.
Ketiga: manfaat sistem informasi bagi industri. Manfaat sistim informasi tidak hanya akan diperoleh oleh perusahaan yang sudah menerapkan sistim informasi tersebut. Ada beberapa fihak yang terkait dengan kegiatan perusahaan  menyediakan sistem informasi yang baik, maka berbagai pihak tersebut juga dapat menikmati manfaatnya.
Apabila sistem informasi antar perusahaan dapat saling terhubung, maka industri akan dapat mengetahui omzet perdagangan semua perusahaan.

C.     Data dan informasi
Data adalah representasi atau wakil suatu objek. Data diciptakan untuk mempermudah komunikasi dan pemerosesan data. Tanpa data, kita harus mennggunakan kalimat panjang-lebar untuk menggambarkan seorang mahasiswa.
Data yang akurat, bila diperoses akan menghasilkan informasi yang juga akurat. Informasi akurat sangat berguna untuk membuat keputusan, baik bagi manajemen maupun orang lain. Informasi adalah  data yang sudah diolah sehingga berguna untuk membuat keputusan.

D.    Profesi dibidang sistem informasi
Sistem informasi sudah menjadi kebutuhanberbagai jenis perusahaan kecil maupun besar, baik perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur, baik perusahaan domestik maupun perusahaan multinasional. Sistem informasi melibatkan banyak pihak, baik dalam pengembangannya maupun penggunaanya. Oleh karenanya sistem informasi juga melibatkan berbagai kalangan dengan berbagai latar belakang. Hal ini memunculkan profesi baru.

E.     Pengaruh sistem informasi bagi perusahaan
Sistem informasi yang baik akan mendatangkan manfaat yang baik bagi perusahaan. Ciri sistem informasi sistem informasi yang baik adalah sistem yang dapat digunakan dengan baik oleh para pemakainya, seperti yang diharapkan ketika sistem tersebut masih dalam tahap perancangan.
Tujuan pertama dirancangnya suatu sistem informasi adalah dapat digunakan untuk mencatat berbagai transaksi yang terjadi didalam perusahaan dan dapat digunakn untuk menyajikan berbagai informasi yang diperlukan oleh manajemen (maupun pembuat keputusan lainnya). Namun apabila sistem informasi tersebut sudah dapat digunakan dengan baik, dapat mendatangkan keuntungan-keuntungan lain bagi perusahaan, antara lain:

*      Mempercepat pembuatan keputusan.
*      Menghalangi pesaing baru untuk memasuki pasar.
*      Memungkinkan kerjasama dengan prusahaan lain, bahkan dengan pesaing.
*      Memungkinkan diciptakannya perusahhan virtual, yang terdiri atas berbagai perusahaan diberbagai tempatatau diberbagai bidang.

F.      Pengetahuan yang diperlukan oleh menejer
Para manajar pada masa sekarang harus membiasakan diri dengan sistem informasi. Manajer tidak dapat lagi hanya mengandalkan informasi yang disampaikan oleh bawahannya. Manajer juga tidak dapat hanaya mengandalkan kepada instingnya semata untuk mengetahui lingkungan bisnisnya. Manajer harus terlibat aktif dalam penarapan sistem informasi diperusahaanya. Apabila sistem informasi sudah ada, manajer harus dapat menggunakannya secara ekstensif.
Menurut James A.O’Brien, manajer harus memiliki 5 pengetahuan yang cukup untuk dapat memanfaatkan sistem informasi dengan baik.
*      Konsep dasar sistem inpormasi. Kensep dasar sistem informasi meliputi pengethuan mengenai komponen-komponen sistem informasi dan cara kerjanya. Komponen ini termasuk juga pemakai sistem.
*      Teknologi informasi. Teknologi informasi yang harus diketahui para manajer meliputi berbagai perangkat yang diperlukan oleh perusahaan untuk mengembangkan sistem informasi.
*      Pengembangan sistem informasi. Meliputi teknik perencanaan, pengadaan, dan penerapan sistem informasi didalam perusahaan.
*      Aplikasi bisnis. Aplikasi bisnis yang harus diketahui para manajer adalah berbagai aplikasi yang dapat mempermudah dan mempercepat proses bisnis, baik yang sudah tersedia dipasar maupun yang harus dikembangkan sendiri oleh perusahaan.
*      Tantangan manajemen. Tantangan bagi manajemen merupakan berbagai pengetahuan pendukung yang dapat meningkatkan kinerja dan kualitas sistem informasi, minsalnya mengenai keamanan  sistem (security), privasi pemakai (privacy), dan berbagai strategi pemanfaatan sistem informasi

G.    Rangakaian sistem informasi
Sistem informasi merupakan gabungan dari berbagai sistem yang yang saling terkait, dengan menggunakan basis data dan sumber daya secara bersama-sama. Pihak-pihak yang mengembangkan sistem, pemakai sistem, jaringan komunikasi yang digunakan, juga dapat dilibatkan secara bersama-sama.












KESIMPULAN

Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Informasi adalah  data yang sudah diolah sehingga berguna untuk membuat keputusan, sedangkan Manajemen adalah sekumpulan orang yang bertugas menjalankan perusahaan, organisasi atau instansi pemerintah. Jadi sistem informasi manajemen adalah sekumpulan komponen yang saling bekerjasama, yang digunakan untuk mencatat data, mengolah data, dan menyajikan informasi untuk para pembuat keputusan agar dapat membuat keputusan dengan baik.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen yaitu antara lain:
*      Manfaat Sistem Informasi Bagi Perusahaan
*      Manfaat sistem informasi bagi perorangan
*      Manfaat sistem informasi bagi industri

Keuntungan-keuntungan sistem informasi bagi perusahaan
*      pembuatan keputusan.
*      Menghalangi pesaing baru untuk memasuki pasar.
*      Memungkinkan kerjasama dengan prusahaan lain, bahkan dengan pesaing.
*      Memungkinkan diciptakannya perusahhan virtual, yang terdiri atas berbagai perusahaan diberbagai tempatatau diberbagai bidang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar