Kamis, 23 Oktober 2014

SOFTSKILL "SIA"


PENDAHULUAN

ARTHA PRIMA FINANCE adalah suatu perusahaan yang bekerja di bidang finance (pembiayaan) baik itu transaksi pembelian atau pinjaman dana dengan menjaminkan BPKB mobil. Artha Prima Finance pun sudah di dukung dengan Sistem Informasi yang mendukung perusahaan baik dalam bidang lingkup internal maupun eksternal.

 ISI 

Artha Prima Finance menggunakan Sistem Informasi berbasis data yang disebut VISUALLOAN. VISUALLOAN ini berfungsi untuk menginput data nasabah yang akan melakukan transaksi pembelian atau pinjaman dana, maupun transaksi pembayaran angsuran nasabah.

Artha Prima Finance khusus Cabang Lippo Cikarang  memiliki jumlah karyawan kurang lebih 20 karyawan yang terdiri dari :

a.       Kepala cabang
b.      Head Collection
c.       Head Credit
d.      Kordinator Collection
e.       Head Operation
f.       Staff Teller
g.      Customer Service
h.      Office Boy (OB)
i.        Satpam

Komponen yang digunakan :
  •   Komputer
  • CPU
  • Printer
  • Visuallon
  •  Prosedur Penggunaan Visuallon
  • Peolple
Peranan Sistem Informasi Visualloan adalah  sebagai berikut :
  • Sebagai control perusahaan dalam pengambilan suatu keputusan
  • Untuk mngetahui perkembangan usaha perusahaan
  • Sebagai alat informasi untuk mengetahui history pembayaranangsuran dan data yang diperlukan nasabah
Sasaran Sistem Informasi Visualloan adalah :
  • Management
  • Pimpinan Perusahaan
  • Karyawan
  • Konsumen

PERBEDAAN SIA dan SIM

Sistem Informasi Akuntansi Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

Sistem informasi manajemen, adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras(hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah data base”.

Perbedaan SIA dan SIM :
• SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedang
• SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi

PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN dan AKUNTANSI KEUANNGAN

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi pihak ekstern perusahaan, informasi yang disajikan berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal, arus kas, dan catatan keuangan lainnya. Transaksi yang menjadi objek dalam akuntansi keuangan sifatnya umum menyangkut harta, utang dan modal perusahaan.

Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan untuk pihak manajemen. Jenis informasi yang diperlukan pasti berbeda dengan informasi yang diperlukan pihak luar. Manajemen dalam hal ini terdiri dari top manajemen, middle manajemen dan lower manajemen. Umumnya informasi yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan kepada pihak luar.
Selain perbedaan yang ada seperti yang disajikan pada tabel sebelumnya, antara akuntasi keuangan dan akuntansi menajemen memiliki persamaan, yaitu :
1.      Baik akuntansi keuangan maupun akuntansi manejemen merupakan pengolah informasi yang menghasilkan informasi keuangan.
2.      Akuntansi keuangan dan akuntansi menajemen juga berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

PENUTUP


Dengan pemaparan Sistem Informasi ini, semoga dapat dijadikan suatu pengetahuan dan dapat bermanfaat bagi semuanya, khususnya saya pribadi. Mohon maaf bila terdapat kesalahan atau ketidak sengajaan dalam pemaparan materinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar